Tentang Berkembang

10 hari tantangan materi komunikasi produktif telah aku jalani. Bagaimana hasilnya?

Justru hari terakhir aku mendapatkan nasihat tentang komunikasi yang belum baik. Menanyakan pada group untuk mendapatkan informasi ternyata menimbulkan banyak pertanyaan karena pertanyaanku belum clear, belum mendetail, tidak spesifik dan masih belum responsif atas respon yang diterima. 

Ya, aku bisa saja mengelak atas saran dan nasihat yang aku terima. Namun apabila seluruh saran masih dijawa dengan alasan, kapan kamu bisa bangkit dan berjalan?

Menyadari bahwa 10 hari tantangan menulis (dan meng highlight soal fase-fase) tentang komunikasi dalam kehidupan ini semakin menyadarkanku bahwa aku masih bodoh, pengecut dan kadang takut jika melalui tantangan. Aku mungkin akan berfikir bahwa well, aku segini dan seperti tidak mungkin aku menjadi lebih baik.

Dan ya, aku disadarkan bahwa memang manusia itu harus berusaha bukan? Hari ini lebih baik dari kemarin. Lalu mengapa harus membuat hari kemarin menghantui? Bukankah artinya menjadikan hari kemarin sebagai pijaka untuk lebih tinggi?

Pikiranku lebih waras lagi ketika mengingat salah satu konten buku "mindset" karya Carol Dweck bahwa perbedaan paling kentara dari orang tangguh dan tidak adalah pemikirannya yang berkembang dan segalanya bisa berkembang atas sebuah usaha. Not fixed mindset tir. 

And again, pemikiran bodohku kalah atas ambisiku, Ambisi membuat hidupku (setidaknya) lebih bermakna untuk diriku sendiri.

Kembali lagi pada materi komunikasi. Bahwa aku sadar 10 hari bukanlah cukup untuk melakukan dan menerapkan apa ilmu-ilmu yang sudah aku terima Bahwa masih ada hari lain bahkan masih ada materi lain menanti. 

Berakhirnya tema komunikasi produktif bukan berarti berakhirnya tiara belajar soal ini bukan?
Semangat menjadi pembelajar lagi dan lagi

#hari10
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjaga Kewarasan

Edisi Hari #1 Menoreh Pagi