Transfer Energi

Jum'at 14 September 2018 

Kata Mamaku, dunia ini tercipta atas jutaan transfer energi yang dilakukan oleh tiap tiap makhluk Allah. jika dikaitkan oleh ilmu kimia yang dulu pernah mampir dikepala waktu SMA dan kuliah, Energi itu tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Tapi aku percaya ada hal-hal lain yang bukan hanya terukur secara kalori selayaknya eksoterm maupun endoterm. Tapi ada energi lain yang bisa diciptakan, dan ditransfer oleh tiap tiap individu.

Energi semangat dan harapan. 

Hal ini diajarkan oleh salah satu temanku yaitu Fenny. Kami sama-sama anak baru dikantor dan kebetulan besok adalah amazing race antar tim. Kami, selayaknya anak baru tentu diberikan mandat membuat yel-yel yang esensinya adalah menciptakan semangat. Well, semangat menjadi energi tersendiri untuk kami khususnya untuk fenny hingga semalaman membuat yel-yel, gerakan dan menghapuskan urat malu dengan merekam yel-yel dangdutan dan menyebarkannya di group whatsapp tim. Aneh, aku biasanya tidak akan mau melakukan hal ini (karena aku pemalu hahaha, please aku memang pemalu kok) namun ada energi semangat yang dutransfer oleh fenny yang secara tidak langsung, mau tidak mau memaksaku untuk melakukannya.

Bagaimana cara fenny menyampaikan energi semangatnya? yak dengan mengkomunikasikan semangat membara dia lewat sikap perilaku hingga kata-kata. "Ayo tir, kita pasti bisa" "masih bagusan kita laah, yok laaah lanjut" "saya senang berpartner dengan Anda Tiara Annisaa" adalah contoh kata-kata yang dilontarkan olehnya disaat aku didalam hati hanya bertanya-tanya kenapa cuma amazing race saja orang segilagilaan itu ampai beli kaos, bawa pompom dll. Tapi fenny sudah berada di titik semangat membara berbeda denganku yang masih dilevel ngedumel dan mempertanyakan. Hahaha

Padahal aku sadar, diapun sedang dilanda dan dipepet banyak deadline mulai dari essay beasiswa, laporan dan data untuk analisis kajian kepresidenan dll. Sama denganku sih dengan 4 deadline. Well, aku tau dia lelah namun dia bisa menciptakan dan mengkomunikasikan semangat yang mengeluarkan sisi gak tau malu seorang tiara di kantor baru! 

hmmmm apa ini sebuah artikel komunikasi produktif? aku tidak tau, tapi yang jelas aku belajar bahwa komunikasi atau aliran informasi tidak hanya berkutat pada kata namun juga pada sikap dan hati. 

#hari4
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjaga Kewarasan

Edisi Hari #1 Menoreh Pagi

Tentang Berkembang