Cantik, Gaya dan Tetap Kaya by Prita Hapsari Ghozie


                                                       Image result for cantik gaya dan tetap kaya

Buku yang bulan ini saya baca (dan habiskan) setelah beberapa bulan menimbun buku setengah baca adalah buku karya Mba Prita Ghozie yaitu "Cantik, Gaya dan Tetap Kaya"

Salah satu buku seru dan ciamik yang saya akui merupakan buku ringan namun penuh makna merupakan salah satu buku yang cocok dibaca untuk kawla muda maupun tua perempuan yang ingin cerdas secara finansial seperti tema umur saya di 23 tahun ini. Ada beberapa buku lain sih cuma satu-satu deh ya saya buat review singkatnya. 

So far, i am so glad to find this book in young age. As single woman who work and love to hang out (ke pasar, traveling, backpacker an) menemukan buku ini seperti mendapatkan pencerahan. Saya ga memungkiri bahwa penulisnya, Mba Prita memang merupakan ahli keuangan, konsultan keuangan di Zap Finance. Mba Prita bukan hanya menceritakan pengaturan keungan dari sudut pandang ideal selayaknya di buku-buku finance namun juga membawanya dan menabrakannya ke dunia realita khususnya sebagai perempuan (dengan printilan skincare, belanja, hobi jalan-jalan). Tak ayal, banyak sekali cerita pengalaman Mba Prita dan juga temannya yang di share di buku ini. 

Buku ini saya beli ketika saya sudah put my mony in equity market. But, menurutku, buku ini cukup memberikan banyak pencerahan, insight, tips and trick gimana bisa menyeimbangkan keuangan apalagi untuk single woman/working woman/mom agar bisa tetap 'bahagia' tapi terencana. Well, banyak juga yang saya pelajari seperti keharusan memiliki dana darurat dan berapa kali pengeluaran bulanan baiknya,  apa pos-pos pengeluaran yang biasa dan baiknya diterapkan serta berapa persentase idealnya (menurut beliau) yet, i know this book is really applicable and flexible depend on your lifestyle and your type of money and risk management. 

Beberapa poin penting yang saya dapatkan dari buku pink cantik ini adalah 
  • Berdasarkan saran Mba Prita, pembagian keuangan ideal menurutnya adalah ZAPFIN (Zakat, Assurance - melindungi keluarga, Present consumption - kebutuhan bulanan, Future Spending - menabung untuk rencana cantik, Investment) Mba Prita juga menunjukan tabel pencatatan yang bisa digunakan sama kita
  • Jenis hutang dan pijaman yang bisa dipakai karena produktif
  • Untuk menciptakan hidup yang diinginkan, ya perlu direncanakan dan diperitungkan :)
  • Ayo cari uang dengan bijak, dan pergunakan uang tersebut dengan lebih bijak
  • Bersyukur jangan lupa, hargai dirimu sebelum orang lain menghargaimu

Mungkin saya tidak akan memberikan rangkuman dari buku ini karena in my opinion, buku kaya gini semuanya penting hehe. So, teman-teman bisa menemukan buku ini di online maupun ofline, or..... you can contact me buat pinjam buku ini (maksimal 1 bulan ya, takut terlupa)

Maybe after read some books and mixing with my experience in 23th i'll write (again) about how i manage and spending my money as a single working woman. Soalnya seperti kata Mba Prita, mengatur keuangan, investasi dll seperti jodoh, harus cocok dan ngerasa-rasain sama kodisi kita.  Dan juga, ada beberapa buku yang sudah saya baca dan belum saya tuliskan juga mengenai pengaturan keuangan. Wes, alon-alon asal kelakon to nduk

Doakan sustain ya. Dan tunggu catatanku (mungkin di umur 24 saat tema tahunanku berubah haha)
Warm Regards
Tiara 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjaga Kewarasan

Edisi Hari #1 Menoreh Pagi

Tentang Berkembang