I am introvert but speakable

Suatu hari yang indah, aku di challenge sama temanku buat main bingo MBTI. Well, kegiatan main bingo ini menyadarkanku bahwa MBTI tidak semata mata menunjukan siapa kami, dan ga ada orang yang 100% MBTI nya tetap pasti berubah rubah. Hal ini menunjukan bahwa manusia memang diciptakan menjadi makhluk yang berubah rubah tergantung situasi dan manusia itu unik dan menunjukan cara survival dan respons yang berbeda beda.

Saat masuk kuliah, MBTI ku adalah ESTJ
Yup, orang yang ramai dan detail.

Memasuki masa masa medik dan menjadi salah satu komandan medik,aku beribah menjadi INTJ
Dituntut berfikir generalis, dan saaangat menjadi introvert, alias pemikir uang bergumul dengan pemikirannya. Mungkin karena dituntut untuk jadi leader yang solutif dan sifatnya mencari solusi untuk diri sendiri.

Lalu ikut jadi promotornya Ardhi, dan menjadi tim yang tidak punya jabatan khusus tapi jadi penggerak dan roda timses (aku menyebutnua staff kepresidenan) aku menjadi INFJ full pakai feeling, perasa, advokasi dari akar rumput ke stakeholder, menarik ardhi agar bisa gerak ke bawah. Lebih ke mikir strategi buat menggerakan masa.

Lulus kuliah, dan bekerja serta mengalami masa ketika mama sakit, ayahku klimpungan, harus ikut bantu mikirdan ambil keputusan (apalagi mas mama meninggal, keputusan soal mau dimakamkan dimana gimana pengajian dll, karena ayahku sedih dan gabisa berfikir jernih) situasi memaksaku menjadi INTJ lagi yang berfikir logis namun pakai perasaan perempuan. Dan momen itupun membentuku mungkin jadi lebih agak diam dan santai cuek (atau terlihat cuek tenang)

MBTI tidak pasti bukan? Ia berubah seiring momen kehidupan, karena manusia adalah makhluk yang beradaptasi dengan segala kekurangan

Orang orang tapi gak percaya sih aku introvert karena 'terlihat' sangat speakable, menggerakan dll
Mungkin mereka ga tau kalau aku malas ngobrol ga jelas atau kikuk awkward sosial apalagi di komunal. Atau aku yang seringnya setelah jadi momod 3 jam perlu tidur dan ga diganggu 5 jam. Iya, aku se introvert itu tapi alhamdulillaah diberi kesempatan berkarya dan amanah seoertu layaknya ekstovert.

Aku bisa ap selain beradaptasi? Aku fikir aku akan berubah nyat tidak. Dan memang tidak perlu sampai memaksa berubah kan? Toh kamu tetaplah kamu tidak digambarkan 100% oleh MBTI mu.

Let me do all those thing with my own style.

Hehe

Warm Regards
Tiara
I.N.T.J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjaga Kewarasan

Edisi Hari #1 Menoreh Pagi

Tentang Berkembang